Search This Blog

Loading...

Pages

August 1, 2016

Ketahuilah 4 Rakaat Sunnah Ini Mampu Membuka Pintu Langit


Tolongshareya – Sahabat tolongshareya yang selalu dimuliakan oleh ALLAH SWT, Rasulullah SAW merupakan sosok teladan yang paling sempurna di muka bumi dan patut kita teladani. Beliau senantiasa melaksanakan segala perintah Allah baik yang wajib ataupun sunnah. Ada banyak sekali amalan sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SWT.




Bahkan jika beliau terlewat melakukan amalan itu karena banyak sebab, maka Rasulullah akan menggantinya dalam kesempatan lain. Hal tersebut harus juga diikuti kaum muslim karena di balik ibadah sunnah, Allah telah menjanjikan kebaikan kebaikan bagi orang yang mengerjakannya.

Bahkan ternyata ada salah satu amalan sunnah yang dapat membuka pintu langit, yakni empat rakaat shalat sunnah. Rasulullah tidak pernah melewatkan untuk mengerjakan amalan ini terkecuali ada halangan. Lalu empat rakaat shalat sunnah apakah yang bisa membuka pintu langit? Berikut ulasannya.

Empat rakaat sunnah yang ternyata bisa menjadi pembuka pintu langit adalah shalat empat rakaat sebelum Dzuhur. ‘Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq meriwayatkan, “Ketika Rasulullah Saw belum shalat empat raka’at sebelum Zhuhur,” lanjutnya sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Baihaqi, “beliau melakukan setelahnya.”


style="box-sizing: border-box;"> Mengomentari hadits di atas, Abu Isa at-Tirmidzi menerangkan, “Hadits tersebut menunjukkan perintah untuk menjaga amalan-amalan sunnah sebelum shalat wajib.”

Berdasarkan sabda Rasulullah saw,”Empat rakaat sebelum zhuhur tanpa salam diantara rakaat-rakaatnya maka terbukalah pintu-pintu langit.” (Shahih al Jami, 885)

Sedangkan dari jalur lain dari Abu Ayyub al-Anshari, Imam Abu Dawud dan Tirmidzi meriwayatkan, “Empat rakaat sebelum Zhuhur dapat membuka pintu langit.”

Terbukanya pintu langit pada saat sebelum dzuhur juga menjadi waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Hal itu berdasarkan sabda Rosullullah SAW yang artinya: “Sesungguhnya buka-buka pintu langit dibuka hingga tergelincir matahari dan tidaklah tertutup sebelum solat zuhur, maka aku ingin saat itu yang naik bagiKu adalah suatu kebaikan” (HR. At-Tahrib 584, sahih)

Karena keutamaannya tersebut, maka shalat empat rakaat sebelum dzuhur ini menurut Dr. Muhammad bin Ibrahim an-Nu’aim dalam bukunya “Mizan, Jurus Jitu Memperberat Timbangan Amal”, beliay memasukan amalan tersebut ke dalam jajaran amal yang setara dengan shalat sunnah tahajud (Qiyamullail) selain shalat Isya’ dan Subuh berjama’ah awal waktu di masjid, mendirikan shalat Tarawih sampai tuntas di belakang imam, membaca seratus ayat al-Qur’an di malam hari, membaca dua ayat terakhir surah al-Baqarah di malam hari, memiliki akhlak yang mulia, menyantuni janda dan orang miskin, menjaga sunnah di hari Jum’at, Ribath di jalan Allah Ta’ala, niat shalat malam sebelum tidur dan mengajari orang lain tentang amalan-amalan tersebut.

Demikianlah ulasan tentangi empat rakaat yang dapat membuka pintu langit. Allah SWT sangat memudahkan kaum muslimin untuk melaksanakan kebaikan. Dengan melaksanakan amalan sunnah ini akan membuat seorang hamba semakin di cintai dan mendapatkan Ridho Allah Ta’ala. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sahabat tolongshareya.


Sumber : infoyunik.com

No comments:

Post a Comment